Standar Akademik

Prosedur Standar Akademik Sebagai Berikut :

A. Pendaftaran Perkuliahan

1. Beban Studi Per-Semester

Beban studi yang dapat diambil oleh mahasiswa semester pertama tahun pertama sesuai paket yang ditetapkan program studi (20-22 sks). Beban studi yang dapat diambil mahasiswa pada semester berikutnya, disesuaikan dengan Indeks Prestasi Semester (IPS) yang diperoleh sebelumnya.

2. Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS)

Pada setiap awal semester, mahasiswa menyusun rencana program perkuliahan yang akan ditempuh pada semester tersebut dan mengkonsultasikan kepada PA. Rencana program perkuliahan yang telah disepakati bersama selanjutnya ditulis dalam KRS.

3. Pendaftaran Matakuliah

Pendaftaran matakuliah di tetapkan setelah KRS dikonsultasikan dengan PA, mahasiswa harus mendaftarkan matakuliah tersebut. Mekanisme pendaftaran harus mendaftarkan matakuliah dilakukan sesuai dengan prosedur, ketentuan dan jadwal yang ditetapkan.

B. PERKULIAHAN

1. Ketentuan Satuan Kredit Semester (SKS)

Perkuliahan di UNJ menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS), yakni 1 (satu) SKS dengan rincian waktu kuliah per minggu sebagai berikut :

Rincian Waktu Kegiatan Satu Satuan SKS sebagai berikut :

  1. Kegiatan tatap muka terjadwal. lama waktu untuk teori 50 menit, praktikum 100 menit.
  2. Kegiatan akademik terstruktur yang terjadwal, direncanakn oleh dosen dan dilakukan oleh mahasiswa seperti pekerjaan rumah, observarsi, dll. lama waktu teori 60 menit, praktikum 60 menit.
  3. Kegiatan akademik mandiri yang dilakukan atas inisiatif sendiri. lama waktu 60 menit, praktikum 60 menit.

Perkuliahaan tatap muka per semester dihitung berdasarkan bobot matakuliah, sebagai berikut :

Bobot SKS :

2 pertemuan 16, @ 100 menit, masa ujian 2 kali (UTS&UAS)

3 pertemuan 24, @ 100 menit, masa ujian 2 kali (UTS&UAS)

4 pertemuan 32, @ 100 menit, masa ujian 2 kali (UTS&UAS)

2. Masa Perkuliahan

Perkuliahan berlangsung pada semester ganjil, genap, dan semester pendek. Jumlah pertemuan tatap muka disesuaikan dengan bobot SKS seperti pada tabel 6 di atas. Jadwal perkuliahan setiap semester diatur dalam ketentuan tersendiri.

3. Kehadiran Dosen Dan Mahasiswa Dalam Perkuliahan

Dosen berkewajiban melaksanakan perkuliahan minimal 80% dari ketentuan masa perkuliahan dan menggantikan sisa perkuliahan (20%) dengan tugas-tugas yang setara. Kehadiran mahasiswa minimal 80% dari waktu pelaksanaan perkuliahan dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan doesn untuk pemenuhan masa perkuliahan.

4. Praktikum

Praktikum merupakan salah satu metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman maupun ketrampilan mahasiswa. Tidak semua matakuliah mengandung praktikum. Dalam pelaksanaannya praktikum diselenggarakan di dalam laboratorium tergantung jenis praktikumnya.

5. Tata Tertib Mengikuti Perkuliahan

Mahsiswa wajib hadir 15 menit sebelum perkuliahan dimulai, berpakaian rapi, sopan (bersepatu dan tidak berkaos oblong) dan ketentuan lain yang disepakati di awal perkuliahan.

6. Ujian

Ujian mata kuliah dilakukan untuk memperoleh nilai hasil belajar. Ujian tersebut dilaksanakan oleh dosen yang bersangkutan meliputi ujian tengah semester dan ujian akhir semester.

7. Laporan Hasil Studi

Laporan hasil studi semester diberikan dalam bentuk kartu hasil studi (KHS) yang mencamtumkan :

  • Nilai setiap matakuliah
  • Indeks Prestasi Semester (IPS)
  • Indeks Prestasi Kumalatif (IPK)
  • Peringatan jika ada msalah akademik

Leave a Reply