Cuti & Herregistrasi

1. CUTI KULIAH

Ketentuan dan prosedur cuti kuliah  :

  1. Cuti kuliah diajukan oleh mahasiswa pada tanggal yang telah ditetapkan dengan mengajukan surat permohonan cuti ke dekan/pembantu dekan I yang diketahui oleh PA dan ketua program studi/jurusan.
  2. Surat izin cuti kuliah dibuat fakultas dan berlaku 1 semester, jika ingin cuti kembali dapat mengajukan cuti sesuai prosedur dan ketentuang yang berlaku. Surat izin cuti ini  harus dilampirkan ketika mengajukan aktif kuliah kembali dan heregistrasi.
  3. Cuti kuliah hanya di perbolehkan apabila mahasiswa telah mengikuti perkuliahan minimal 2 semester, SKS yang telah lulus minimal 24 SKS dan IPK minimal 2,00 serta maksimal semester beruturut-turut atau bersaing.
  4. Masa cuti kuliah tidak di perhitungkan sebagai masa studi.
  5. Membayar biaya cuti sesuai ketentuan yang berlaku.
  6. Mahasiswa yang cuti akan mendapatkan kartu cuti yang dikeluarkan oleh BAAK.
  7. Pengajuan cuti di luar tanggal yang telah ditetapkan hanya di perkenankan bagi mahasiswa semester kedua tahun pertama yang tidak bias mengikuti atau meneruskan perkuliahan dengan alasan rasional, seperti hamil, melahirkan, sakit dan dirawat inap di rumah sakit, dianjurkan istirahat oleh dokter minimal 21 hari dengan memperlihatkan bukti asli dari rumah sakit, atau alasan lain yang dapat dipertanggungjawabkan, dianjurkan untuk mengajukan disepensasi cuti kuliah lebih awal, namun cuti kuliah ini diperhitungkan.
  8. Mahasiswa yang tidak membayar biaya pendidikan, tidak mengajukan cuti, dan nonaktifa akan kehilangan hak cutinya sesuai semester yang ditinggalkan. Mahasiswa tersebut dapat aktif kembali dengan membayar biaya pendidikan sesuai ketentuan yang berlaku selama yang bersangkutan nonaktif ditambah dengan membayar UKT semester yang akan ditempuh.
  9. Mahasiswa yang nonaktif minimal 3 semester berturut-turut atau beselang dianggap putus kuliah dan dapat aktif kuliah kembali sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Herregistrasi Setelah Cuti Kuliah  

Mahasiswa yang ingin aktif kuliah kembali setelah menjalani cuti kuliah atau nonaktif harus melakukan kegiatan berikut :

  1. Mengajukan surat permohonan aktif kuliah kembali kepada rektor u.p. Kepala BAAK dengan melampirkan surat izin cuti kuliah. Surat permohonan ini harus sudah diajukan paling lambat 1 minggu sebelum masa pemabayaran UKT semester berikutnya.
  2. Melakukan herregistrasi dengan melampirkan surat permohonan aktif kuliah kembali di BAAK agar data mahasiswa tersebut dapat dikirim ke bank untuk pembayaran UKT.
  3. Setelah herregistrasi, mahasiswa tersebut dapat melakukan pembayaran UKT.

Leave a Reply